Daftar Kepadatan Lalu Lintas, Jam Padat perjam dan Tingkat Pelayanan Jalan di Kota Banjarmasin Tahun 2024
No | Nama Ruas Jalan | Lebar | Tipe Jalan | Kapasitas | Volume (smp/jam) | VC / Ratio | Jam Terpadat | Level of Service |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | A YANI KM 1 | 7 | 4/2 D | 3149,15 | 1165 | 0,37 | 07.00-08.00 | A |
2 | A YANI KM 3,5 | 10 | 6/2 D | 3149,15 | 2172 | 0,69 | 07.00-08.00 | C |
3 | A YANI KM 6 | 10 | 6/2 D | 4632,52 | 3751 | 0,81 | 07.00-08.00 | C |
4 | PANGERAN ANTASARI | 7 | 4/2 D | 2522,3 | 1034 | 0,41 | 13.00-14.00 | A |
5 | HASAN BASRI | 7 | 4/2 D | 2729,76 | 1664 | 0,61 | 13.00-14.00 | B |
6 | LAMBUNG MANGKURAT | 8 | 4/2 D | 2522,3 | 1059 | 0,42 | 17.00-18.00 | A |
7 | JENDRAL SUDIRMAN | 7 | 4/2 D | 3216,15 | 1511 | 0,47 | 17.00-18.00 | A |
8 | BELITUNG | 10 | 2/2 UD | 1465,5 | 1260 | 0,86 | 07.00-08.00 | D |
9 | PANGERAN HIDAYATULLAH | 11 | 2/2 UD | 2921,18 | 2190 | 0,75 | 07.00-08.00 | C |
10 | PM NOOR | 8 | 2/2 UD | 1434,97 | 1018 | 0,71 | 07.00-08.00 | C |
11 | PIERE TENDEAN | 6 | 2/1 UD | 3070,98 | 337 | 0,11 | 17.00-18.00 | A |
12 | RE MARTHADINATA | 6 | 2/1 UD | 2915,88 | 787 | 0,27 | 17.00-18.00 | A |
13 | VETERAN | 7 | 2/2 UD | 3129,72 | 1157 | 0,37 | 17.00-18.00 | A |
14 | PANGERAN SAMUDRA | 7 | 4/2 D | 2522,3 | 1992 | 0,79 | 15.00-16.00 | A |
15 | HARYONO MT | 9 | 2/2 UD | 3134,9 | 1065 | 0,34 | 07.00-08.00 | A |
16 | PRAMUKA | 9 | 2/2 UD | 2765,8 | 802 | 0,29 | 13.00-14.00 | A |
17 | SUTOYO S | 10 | 2/2 UD | 3876,37 | 891 | 0,23 | 17.00-18.00 | A |
18 | SULTAN ADAM | 10 | 2/2 UD | 3340,71 | 1135 | 0,34 | 17.00-18.00 | A |
- | - | - | - | - | - | - | - |
Catatan :
Definisi Operasional
No | Variabel | Definisi Operasional |
---|---|---|
1 | Nama Ruas Jalan | Ruas jalan adalah bagian dari jalan umum yang memiliki identitas berupa nomor ruas yang ditetapkan oleh penyelenggara jalan. Ruas jalan biasanya dibatasi oleh dua titik simpul atau persimpangan, baik yang sebidang maupun tidak sebidang, dan bisa dilengkapi dengan alat pemberi isyarat lalu lintas atau tidak. |
2 | Lebar | Lebar jalan adalah ukuran jarak horizontal diukur tegak lurus dari satu sisi jalan ke sisi lainnya, mencakup seluruh ruang manfaat jalan, termasuk jalur lalu lintas, bahu jalan, dan median |
3 | Tipe Jalan | Tipe jalan mengacu pada klasifikasi jalan berdasarkan fungsi, karakteristik, dan peran dalam sistem transportasi |
4 | Kapasitas | Kapasitas jalan adalah kemampuan maksimum ruas jalan untuk dilalui oleh lalu lintas dalam satu satuan waktu tertentu kapasitas jalan merupakan ukuran seberapa banyak kendaraan yang dapat mengalir melalui jalan tersebut tanpa menyebabkan kemacetan atau penurunan kinerja yang signifikan |
5 | Volume (smp/jam) | Volume lalu lintas adalah jumlah kendaraan yang melewati suatu titik tertentu pada jalan dalam satuan waktu tertentu, biasanya per jam atau per hari. Volume lalu lintas juga dapat diartikan sebagai arus lalu lintas yang dinyatakan dalam satuan kendaraan per satuan waktu. |
6 | VC / Ratio | Rasio V/C (Volume/Kapasitas) adalah perbandingan antara volume lalu lintas yang melewati suatu ruas jalan dengan kapasitas jalan tersebut. Nilai rasio V/C ini digunakan untuk mengukur kinerja ruas jalan, di mana nilai yang lebih tinggi menunjukkan kondisi lalu lintas yang lebih padat dan berpotensi menimbulkan kemacetan. |
7 | Jam Terpadat | Jam terpadat lalu lintas, juga dikenal sebagai jam sibuk atau jam puncak, adalah periode waktu dalam sehari ketika volume lalu lintas mencapai puncaknya, baik di jalan raya maupun pada transportasi umum. Kepadatan ini seringkali menyebabkan kemacetan dan perlambatan arus lalu lintas. |
8 | Level of Service | Level of Service (LOS) adalah ukuran kualitas layanan lalu lintas yang menggambarkan seberapa baik jalan atau persimpangan dapat melayani pengguna jalan dalam hal kecepatan, waktu tempuh, kebebasan bergerak, dan kenyamanan. Rasio Volume per Kapasitas (V/C Ratio) adalah perbandingan antara volume lalu lintas (jumlah kendaraan yang melewati suatu titik dalam satuan waktu) dengan kapasitas jalan |